Thursday, January 29, 2009

Relawan, Tetap Semangat Bahagiakan Umat..!!


Ia mulai mengetahui relawan sewaktu ia masih study di Universitas Islam Nusantara, tertarik dengan foto-foto kegiatan yang terpampang di pamlet pengumuman penerimaan relawan. Akhirnya ia mendaftarkan diri menjadi relawan. Pada awalnya ia hanya mengikuti kegiatan relawan sebatas mengisi waktu, “ ternyata menjadi relawan tidak hanya mengisi waktu luang saja tapi perlu waktu lebih”, ujarnya.

Sekarang, senyumnya selalu menghiasi setiap kegiatan relawan, sejak masuk tahun 2005 wajah nya sangat familiar dilingkungan relawan Bandung. Pria kelahiran Kuala Tungkal-Jambi 7 Agustus 1977 ini, biasa disapa Nawawi, sekarang mempunyai tanggung jawab sebagai PIC Community Development di Kampus Relawan dan relawan pendamping di ICD Batununggal Bandung.

Kegiatan pertamanya, dikirim untuk membantu dapur umum saat banjir Jakarta 2 tahun lalu,” saya tidak hentinya menanak nasi selama 24 jam untuk disebarkan ke posko pengungsian”, kenangnya. Dan impian naik perahu karet untuk membantu warga seperti yang terpampang di pamlet menjadi kenyataan saat bergabung di relawan.

Meskipun kegiatan direlawan harus memerlukan waktu luang, bahkan tidak jarang menguras tenaga, Nawawi masih bisa merasakan keceriaan, “yang menjadi nyaman di relawan itu, keakraban dan kekompakan antar anggota, bahkan seperti keluarga sendiri”, kata putra bungsu dari 7 bersaudara ini.

Mengemban tugas sebagai PIC com dev, Nawawi diharuskan aktiv mengajak relawan lainnya untuk mengikuti pelatihan yang diadakan di kampus relawan setiap pekan, dan nantinya akan menjadi pendamping mustahik.

Banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat direlawan, “relawan itu menjadikan saya sebagai orang yang selalu dibutuhkan masyarakat”, katanya. Ada kerinduan tersendiri bila lama tidak melakukan aksi sosial. Nawawi mempunyai prinsip yang membuatnya merasa nyaman, meski suka duka selalu mengiringi, “memberi bantuan untuk orang lain tidaklah merugi, namun akan menjadi tabungan yang suatu saat akan bisa mengambil simpanan itu”, ungkap pria penggemar main bola ini.(yud)

1 comment:

Febry said...

Hebat kang Nawawi, jadi iri bisa masuk blog RZI :)