Wednesday, January 28, 2009

Zooara: Berpetualang, Bermain dan Belajar


Siapa bilang belajar harus hanya di meja sekolah...?

Semua bagian dunia ini adalah universitas bagi setiap pengembara yang sedang berusaha membuka loker-loker makna. Langit yang biru, awan yang putih, tanaman yang hijau, satwa yang beraneka ragam, bahkan kekaguman yang kita rasakan adalah sumber pelajaran.

Demikianlah kira-kira filosofis dari agenda SD Juara Cimahi: ZOOARA, Berpetualang, Bermain dan Belajar. Program ini bagian dari kegiatan filed trip bulanan siswa untuk tambah bersyukur pada Allah, mengakui kebesaran Allah, bertambah wawasan dan ilmu, serta kebersamaan dalam suara yang padu.

Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoologizal Garden) dijadikan sebagai lokasi kunjungan pembuka di tahun 2009 ini. Tentu saja, siswa SD Juara hanya hanya rekreasi, bermain gembira, tetapi juga menemukan hal-hal yang baru bagi dunia mereka serta belajar tanpa batas pagar.

Lebih dari 60 jenis hewan dikunjungi oleh siswa SD Juara. Acara yang diberangkatkan jam 09.10 WIB serta memulai petualangan jam 10.05 WIB, telah menyimpan kesan luar biasa bagi siswa dan juga guru SD Juara. (Mungkin juga ada guru yang belum pernah masuk ke kebun binatang yah??? Atau mungkin bertemu dengan saudaranya??? hehe) Kegembiraan terpancarkan dari wajah-wajah calon pemimpin dan pembaharu (tentu tidak seperti obama).

Field Trip Zooara ini diawali dengan berkeliling kebun binatang serta mengenal lebih dalam dari setiap jenisnya. Selanjutnya, siswa memasuki museum yang menyimpan berbagai jenis hewan, telur dan rangka yang telah diawetkan. Digedung yang sama, siswa juga menyaksikan beberapa jenis ikan dalam lebih dari 15 kotak aquarium besar. Waw... subhanalloh....pokokna mah.

Tidak hanya sampai sana, siswa pun melanjutkan berkeliling danau sambil naik perahu. Tidak lama memang. Tapi dalam setiap perjalanannya siswa selalu disapa dengan ilmu (khususnya sains). Dan pada waktu bersamaan, sebagian siswa pun menikmati santap siang di pinggir danau. Mmmm... nikmaaaat. Enak enak enak...

Perjalanan belum berakhir. Setelah sholat dhuhur siswa SD Juara diajak belajar dengan mengingat kembali apa yang mereka temukan. Setiap siswa diberi lembar LKS untuk mereka kerjakan. Hasilnya, kami menemukan pemandangan yang luar biasa. Inilah namanya belajar dari dan di alam.

Sebelum petualangan berakhir, siswa SD Juara disempatkan melihat-lihat hasil karya di Pasar Seni Taman Sari. Menakjubkan, mudah-mudahan siswa pun termotivasi untuk membuat karya dahsat melebihi karya Da Vinci.

Lalu, petualangan pun berakhir. Siswa kembali ke sekolah dengan membawa sejuta cerita dan makna. Tapi belajar belum berakhir... insya Allah untuk waktu yang nanti akan hadir ...

2 comments:

juliach said...

Selain di sekolah, aku selalu membuat program liburan berkunjung ke kota/negara lain ... tujuannya biar anak-anakku lebih melek lagi: membaca peta, mengetahui kultur/peradaban manusia, melestarikan alam, ...

berbagi genggaman said...

wow..bagus tuh mbak.. buat menambah wawasan..beruntungnya Inez