Tuesday, October 13, 2009

Memasuki Fase Pemulihan, RZI Telah Melayani 19.405 Korban Gempa



PADANG. Hingga Selasa (13/10), Rumah Zakat Indonesia (RZI) telah memberikan pelayanan kepada 19.405 penerima manfaat yang menjadi korban gempa di Sumatera Barat. Pelayanan tersebut berupa Siaga Sehat, pemberian makanan tambahan untuk bayi dan Balita, makanan siap saji yang berupa kornet Superqurban, sosis ikan, sosis ayam, serta nasi kare, hingga trauma healing.

“Fasilitas pelayanan itu diberikan kepada para korban di delapan Posko Bantuan yang didirikan RZI bersama para mitra seperti Indosat, Telkomsel, Human Concern International, Perusahaan Gas Negara, Pemprov Jabar dan Cecero. Selain itu kami pun berupaya memberikan pelayanan kesehatan di beberapa daerah yang belum terjangkau dengan sistem jemput bola,” ujar Branch Manager RZI Faisal Fajar.

Menurut Faisal, memasuki minggu ketiga penanganan bencana gempa, RZI sudah mulai melakukan tahap rehabilitasi dengan memberikan pelayanan trauma healing kepada para korban gempa. Dalam kegiatan trauma healing yang pertama, tim Siaga Bencana yang dilengkapi relawan ahli melayani 23 warga Mudiak Balai dan 54 warga Kampung Apar Kab. Pariaman Selatan. “Trauma healing akan terus diberikan kepada warga yang lain secara bertahap agar mereka dapat memiliki rasa percaya diri dalam beraktivitas seperti sediakala,” ungkap Faisal.

Selain memberikan pelayanan trauma healing, di hari yang sama RZI pun mengadakan aksi Siaga Sehat di Desa Ambacang dan Desa Mudiak Kab. Padang Pariaman, serta di tiga titik Kota Padang. Dalam aksi tersebut, RZI melayani 404 penerima manfaat. “Selain itu, di kesempatan yang sama Cecero pun memberikan tenda sekolah dan makanan tambahan bagi 30 orang di Kampung Apar Kec. Pariaman Selatan Kab. Padang Pariaman,” tutur Faisal.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa untuk membantu korban bencana gempa bumi, RZI telah memberangkatkan 80.000 paket makanan siap saji yang terdiri dari 40.000 kornet Superqurban dan 40.000 paket Siaga Gizi yaitu sosis ikan, sosis ayam dan nasi kare. Selain itu RZI pun menyediakan 14 armada ambulans yang digunakan untuk melayani para pengungsi di sana.***

Newsroom/Miralyn
Padang

No comments: