Sunday, June 17, 2007

Pemberdayaan Pemuda Paninjauan

materi instalasi listrik ...
PADANG. Nagari Paninjauan adalah salah satu kawasan yang porak poranda karena gempa yang melanda kawasan Sumatera Barat pada Maret 2007 ini, maka rangkaian program rehabilitasi dan rekonstruksi pun dilakukan. Tidak hanya sarana dan prasarana fisik, namun potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Nagari ini pun menjadi salah satu aspek yang harus mulai dibenahi agar masyarakat mulai menata kembali kemandirian ekonomi mereka.

Sebagai salah satu pendorong terciptanya kemandirian ekonomi di Rumah Zakat Indonesia cabang Padang menggelar sebuah pelatihan yang bertujuan untuk memberikan skill bagi para pemuda sehingga diharapkan mereka dapat memulai sebuah usaha mandiri. Pelatihan berlangsung pada Sabtu (9/6) yang melibatkan 20 orang peserta, dengan pemateri dari LAPAU (Lembaga Pemberdayaan Perekonomian Ummat) yang mampu membangkitkan kembali motivasi berusaha bagi peserta pelatihan.

Materi dan praktek keterampilan yang diikuti oleh para peserta adalah pemasangan instalasi listrik bagi peserta laki-laki dan pembuatan wortel dodol bagi peserta perempuan. Kedua keterampilan ini dipilih adalah karena kemampuan pemasangan instalasi listrik dinilai akan sangat berguna dalam kehidupan mereka, sedangkan dodol wortel diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi komoditas wortel yang banyak diproduksi di daerah ini.

Antusiasme para peserta sepanjang acara menjadi indikasi bahwa semangat warga Paninjauan untuk menciptakan kesejahteraan bagi diri dan lingkungannya. “Pelatihan dan praktek ini sangat bermanfaat bagi kami di sini,” ungkap Afrizal sebagai salah satu peserta saat ditanya tentang kesannya di akhir kegiatan.***


Newsroom/Miralyn Afrini
Padang

No comments: