Thursday, March 26, 2009

Asyiknya Minum Susu Asli dari Sapi


SURABAYA (27/03) – ISO REK! Senyum Dio mengembang saat cipratan air susu jatuh di mulultnya. Padahal sebelumnya makhluk mamalia itu sempat menyemprotkan air susu mengenai mukanya dan menyambit dengan ekornya. Tapi itu tidak mengurangi semangat siswa kelas 5 SDN Tembok Dukuh III itu untuk mencicipi air susu murni asli dari sapinya sendiri.

“Ya mbak pengin ngerasain susu langsung dari sapi, ternyata sudah manis hehe,” ujar anak bertubuh tambun tersebut. Tak hanya Dio, pengalaman pertama memerah susu sapi juga tidak disia-siakan anak-anak asuh lainnya.


Sebanyak 15 anak anak asuh Rumah Zakat Indonesia korwil Bubutan Kamis (26/03) berkesempatan mengunjungi sentra pemerahan susu sapi murni di kawasan Wonocolo. Kegiatan outdoor seperti ini memang menjadi ajang pembelajaran selain buku dan bangku sekolah bagi mereka. Meski awalnya malu-malu dan takut, lama-lama mereka malah berebut untuk mencoba memerah susu tak terkecuali anak-anak perempuannya.

Titik misalnya, siswi kelas 1 SMP ini memberanikan diri untuk memegang tubuh sapi pertama kalinya di hadapan adik-adiknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. “Keliatannya mudah, tapi gak juga karena tubuhnya licin dan airnya tidak selalu keluar banyak,” tambahnya. Hamzah Hidayat, koordinator anak asuh wilayah Bubutan mengatakan kegiatan outdoor ini merupakan salah satu pembinaan khususnya untuk pengembangan IPTEK. Melihat langsung kegiatan pemerahan susu sapi murni bisa menambah pengetahuan para siswa yang tergabung dalam program EduCare : Kembalikan Senyum Anak Bangsa tersebut.

Biasanya, pembinaan EduCare lebih banyak menekankan sisi spiritual anak. Sebelumnya, mereka juga telah diberi penjelasan oleh pemlilik sentra pemerahan susu sapi tentang bagaimana cara dan proses menghasilkan susu sapi murni. Di akhir kegiatan, mereka musti menyusun paper yang menceritakan pengalaman mereka mengunjungi sentra pemerahan susu sapi murni tersebut. _86

1 comment:

stella said...

saya stella mahasiswa unika widya mandala. bisa minta alamat ato no telp pemerahan susu sapi ini. kebetulan saya dapat tugas kunjungan ke pemerahan. tolong diemail ke stella-cute_star@yahoo.com ya thx.