Tuesday, May 5, 2009

KARYA NYATA ANAK ASUH


YOGYA, 5/5—SEDERHANA sekali keseharian anak asuh Rumah Zakat yang satu ini. Siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta yang memiliki nama lengkap Irma Hani Noor Khusna, setiap hari naik sepeda mini ke sekolahnya yang cukup jauh. Kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan, tak membuat gadis pendiam ini patah semangat. Ingin tahu lebih jauh keseharian Irma? Tengoklah aktivitasnya, setiap akan masuk sekolah maupun saat jam istirahat datang, Irma asyik berjualan kue donat serta kue bolu kepada teman-teman sekolahnya. Inilah cara Irma hidup dan membantu ibunda tercintanya.

Suatu ketika Sutrisno, MRO, bertandang ke rumahnya dan bertanya, “Dek Irma, kamu gak malu sekolah sambil jualan kue dikelas “ tanya Sutrisno.
“Gak kok mas, malahan Ibu Guruku nanya, ada kue yang lain gak? “ Ujar Irma dengan senyum manisnya.

Subhanallah, strungle sekali Irma. Setelah ditelisik, ternyata hal ini sudah membudaya dalam keluarga mereka. Selain Irma, kakaknya yang di SMK juga sudah terbiasa berjualan kue sambil sekolah, ”lumayan bisa untuk menambah uang saku” seloroh mereka dengan santai.

Sobat pejuang, selain rajin membantu orangtuanya dengan berjualan donat, ternyata Irma juga punya life-skill yang mumpuni loh.... Irma jago dalam menggambar dan membuat komik islami. Ini dibuktikan dengan seringnya hasil karya Irma masuk di koran Harian Jogja (HarJo). Hingga kini, tercatat sebanyak 3 kali masuk kolom Karya Belia.

Sebetulnya Irma juga pandai membuat komik islami, namun orangtua Irma kebingungan harus memasukkan ke lembaga mana, karena disekolah kurang bisa menampung kreativitasnya disamping juga orang tua Irma tidak memiliki biaya untuk menyalurkan bakat anaknya ke lembaga kursusan .

Tidak lama lagi, adik si Irma juga akan menjadi siswa Sekolah Juara karena orang tua mereka ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik dan itu salah satunya ada di Sekolah Juara. Semoga [Kontrib : Sutrisno]

Inzet : Karya Irma Hani Noor Khusna, Anak asuh Rumah Zakat Cabang Yogya nangkring di Harian Jogja edisi Minggu.
oleh Sigit Wardono, RZI - Yogyakarta

No comments: