Thursday, August 2, 2007

RELAWAN: Siapkan Diri Dalam TARUNA SIAGA BENCANA

usai pelatihan ...
BANDUNG. Fokus program yang digulirkan oleh Departemen Sosial RI dalam hal penanggulangan bencana adalah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat agar lebih mampu dan lebih siap siaga untuk menghadapi bencana.

Adapun kapasitas kemampuan masyarakat yang perlu ditingkatkan adalah kapasitas melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan akan gejala dan aktualisasi bencana. Hal ini dilakukan melalui analisis resiko, penanganan dan pengelolaan resiko, menggali potensi dan sumber-sumber penanggulangan, melakukan kerjasama, mengelola dan menggunakan sarana serta peralatan, mengelola kebutuhan dasar, melakukan pengendalian seluruh aspek dan proses penanggulangan bencana. Kesemua hal ini dapat diimplementasikan salah satunya dengan berbasis komunitas/masyarakat dengan mengoptimalkan potensi generasi muda yang diorganisir dalam Taruna Siaga Bencana atau TAGANA yang didukung oleh Gugus Tugas Sosial lainnya.

Pelatihan TAGANA se-Jawa Barat diselenggarakan di hotel Cipaku Indah pada Senin hingga Jumat (9-13/7) yang diikuti oleh berbagai perwakilan instiusi atau lembaga sosial kemanusiaan diantaranya Relawan Rumah Zakat Indonesia, Baguna PDI P, AMPG, PMI, Taruna Karya, dan lainnya. Materi yang diberikan antara adalah Peraturan Baris Berbaris oleh satuan elit baret merah KOPASSUS, Perahu Karet water rescue, pendirian dapur umum, serta materi rangkaian penanggulangan bencana lainnya.

Diharapkan selepas mengikuti pelatihan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) diharapkan Relawan Rumah Zakat akan lebih mempunyai wawasan dan skill tentang persiapan atau penanggulangan bencana untuk dapat membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana. Dengan motto “tetap semangat bahagiakan ummat” Relawan Rumah Zakat akan lebih siap diturunkan ke daerah bencana dimana dan kapan pun dengan kapabilitas yang insyaAllah jauh lebih profesional.***


Newsroom/Alamsyah
Bandung

1 comment:

Anonymous said...

TAGANA ! Siaga !
Are You Ready !

Salam kenal, saya Roy Baskoro, pemerhati masalah CBDM. Saya salut dan bangga dengan anda.

Salam,
Baskoro
YM: jerbasukimawabea
one command.one rules.one corps.