Wednesday, October 24, 2007

Jakarta Bersuara : "Bangkit & Suarakan" Stop Pemiskinan !!

Jakarta - Setelah sukses mencetak rekor dunia di Guinness Book of Record pada tahun 2006, aksi Kampanye Bangkit dan Suarakan Stop Pemiskinan untuk peringatan hari anti Pemiskinan Dunia kembali digelar di pertengahan Oktober 2007.

Rabu (17/10) pagi, ratusan orang berdatangan ke Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat untuk mengikuti aksi tersebut. Puluhan Organisasi Massa (Ormas) pun ikut serta dalam aksi yang juga tercatat dalam Kampanye dengan massa terbanyak selama 24 Jam. Tak ketinggalan dengan Rumah zakat Indonesia Cabang Jakarta yang aktif memberantas kemiskinan dengan memberdayakan masyarakat dhuafa.

Tak hanya di Jakarta, partisipasi Rumah Zakat Indonesia pun serentak dilaksanakan diseluruh kota dimana Cabang Rumah Zakat Indonesia berada. “Untuk Jakarta sendiri, kita menurunkan lebih dari 500 massa,” Jelas Dana Vega, koordinator wilayah Jakarta. Ratusan massa tersebut terdiri dari Relawan RZI dan masyarakat dhuafa binaan Rumah Zakat Indonesia.

“Bangkit dan Suarakan” tema kampanye merupakan seruan dunia untuk melaksanakan perlawanan terhadap pemiskinan yang juga menjadi tujuan pembangunan millennium (Millennium Development Goal’s/ MDG’s).

Wahyu Susilo, Project Officer MDG’s di International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) mengatakan bahwa Indonesia termasuk sebagai salah satu Negara yang masih tertinggal jauh dari pencapaian MDG’s melihat tingginya angka kematian Ibu melahirkan dan bayi, banyaknya warga kota yang masih sulit mendapatkan air berish, serta beberapa kerusakan alam.

Turut hadir, Erna Witoelar (Duta Besar Khusus PBB untuk MDG’s Asia Pasifik ), Rahmat Witoelar (Menteri Lingkungan Hidup), H. MUhayat (Walikota Jakarta Pusat), serta beberapa artis ibu kota dalam kampanye tersebut.

Menurut Erna Witoelar, Kampanye dilakukan untuk mendesak keterlibatan pemerintah lebih besar untuk menuntaskan kemiskinan, khususnya di Indonesia. Beliau juga berharap dengan adanya kampanye ini bisa menggugah masyarakat Indonesia untuk lebih peduli kepada orang – orang miskin yang membutuhkan.

Penulis : Saidurrohman
Cabang : Jakarta

No comments: