Thursday, January 3, 2008

YOGYA KIRIMKAN TIM KE BOJONEGORO



YOGYA—TIM Siaga Bencana Rumah Zakat Indonesia Cabang Yogyakarta kembali dikirimkan ke luar kota. Kali ini tim ditugaskan untuk membantu menangani korban bencana banjir di Bojonegoro Jawa Timur. Tim berangkat menggunakan Mobil Klinik Indosat. Sebagaimana diketahui bersama Bojonegoro merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang paling parah terkena bencana banjir, disamping Ngawi, Tuban dan Lamongan.

Tim Siaga Bencana dilepas oleh Kepala Regional II, Aries Setyo Priyono, Rabu (02/01) pukul 15.00. Terdiri dari 1 orang korlap, 2 dokter, 2 apoteker, 3 paramedis dan 1 driver. Rombongan tiba di lokasi tanggal Kamis Subuh (03/01). Tempat yang dijadikan posko adalah Posko Indosat, di Jalan gajahmada.

Type rest of the post hereDua Tim Hari ini, pukul 09.00, tim dibagi dua. Satu tim dengan Mobil Klinik Indosat--dipimpin oleh Luistanto dari RZI Cabang Surabaya-- menyusuri pengungsi di jalan kota Bojonegoro. Satu tim lagi memasuki wilayah banjir dengan menggunakan perahu karet, dipimpin oleh Udin dari Yogyakarta.

Hingga saat ini wilayah kota Bojonegoro masih terendam air cukup tinggi, karena tanggul Bengawan Solo ada yang jebol sehingga air sulit untuk surut. Aksi layanan kesehatan dibagi 2 tim. Tim pertama bersama dr Nani bersama dengan tim rescue Indosat mendatangi rumah-rumah penduduk yang masih terendam air menggunakan sekoci Indosat. Tim kedua bersama dr Udin dengan personil lengkap melakukan aksi di perkampungan warga dekat pasar di desa Ngulanan Kec. Dander Bojonegoro.

Pasien yang mengikut aksi layanan kesehaan cukup banyak. Mereka rata-rata sakit gatal-gatal dan mata kelelahan. Pengungsi menggunakan jalan raya dan tanggul untuk mengungsi dan menyelamatkan hewan ternak sapi dan kambing yang berjumlah diatas 2000 ekor. Rumah di kanan-kiri jalan ray dan tanggul masih terendam air 50 -150 cm. Banjir juga menggagalkan panen raya di Bojonegoro. (*)

Penulis : Waluyo
Cabang : Yogyakarta

No comments: