Tuesday, July 10, 2007

BAMBANG: “BELAJAR TERNYATA TIDAK HARUS BACA BUKU”



YOGYA—KEMAH Juara 2007 yang diselenggarakan Rumah Zakat Indonesia Cabang Yogyakarta di Rest Area Bunder Gunung Kidul sudah berakhir. Tetapi event itu ternyata meninggalkan kesan yang sangat mendalam pada diri salah seorang pesertanya, Bambang Agus (14 th).

Anak tunggal pasangan Slamet Riyadi-Kartini ini mengaku sangat senang mengikuti Kemah Juara. Ia baru sekali ini mengikuti Kemah Juara. “Saya sangat senang bisa mengikuti Kemah Juara 2007 yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat Indonesia Cabang Yogyakarta. Saya baru sekali ini bisa mengikuti Kemah Juara . Karena itu acara ini memberikan kesan yang mendalam pada saya”, ujarnya.

Saya, lanjut Bambang, memiliki kesempatan untuk menambah ilmu dalam Kemah Juara ini. Ternyata belajar itu bisa dilakukan dengan menggunakan banyak cara. Belajar tidak harus dilakukan dengan cara hanya membaca buku. Bermainpun ternyata juga bisa menjadi sarana untuk belajar. Selama ini banyak yang menganggap bahwa bermain adalah pekerjaan yang sia-sia dan membuang-buang waktu. Kita disuruh untuk belajar saja dengan membaca dan mengerjakan soal. Kemah Juara ini membuktikan bahwa belajar tidak hanya membaca dan mengerjakan soal. Bermainpun merupakan salah satu bentuk belajar juga.

”Di sini saya banyak mengikuti permainan yang menyenangkan. Baik permainan tradisional maupun outbond. Dengan permainan-permainan ini saya banyak memperoleh pengalaman itu untuk membangun kerjasama dan kekompakan tim. Di sini saya juga memperoleh kesempatan untuk mengenal banyak teman.”kata anak murah senyum ini. Bambang Agus Setiawan sekarang duduk di kelas III SMPN II Nanggulan Kulonprogo. Ia tingal bersama kedua orang tuanya di sebuah rumah sederhana di Donomerto Donomulyo Nanggulan Kulonprogo DIY. Di tengah kondisi ekonomi keluarganya yang sulit, ia ingin bisa menempuh pendidikan hingga jenjang yang tinggi. (*)

Penulis : Waluyo
Cabang : Yogyakarta

No comments: