Sunday, May 6, 2007

Dibalik RBG Bandung (Bag 1)

Subhanallah tak terasa usia RBG Bandung kini sudah hampir setengah tahun, banyak sekali tugas dan amanah menjadi bidan di RBG yang meliputi kesehatan ibu dan anak
Kegiatan pelayanan yang menjadi fokus RBG adalah penanganan persalinan. Layanan ini dilakukan 24 jam dan hampir 90% persalinan terjadi di malam hari dan menjelang subuh bahkan terkadang disaat kita seharusnya berlibur.
Entah kenapa banyak terjadi pada waktu -waktu tersebut, mungkin bila dikaitkan dengan dunia fisika bahwa tekanan/gelombang suara pada malam hari sama halnya/setara dengan gelombang suara yang ada di dalam perut ibu, jadi efeknya banyak ibu yang melahirkan pada malam hari.
Apapun penyebabnya atau kapan pun waktunya ibu melahirkan, kita tidak bisa menolak karena itu sudah menjadi tugas dan amanah bagi kita untuk selalu siap kapan pun waktunya untuk membantu umat. Walau kadang resiko menjadi “akhwat malam dan akhwat panggilan”(maksudnya on call untuk persalinan) melekat di profesi kita sebagai bidan. Tapi tak apalah bila ini resiko sebagai wujud dedikasi kita kepada lembaga semoga Alloh SWT selalu memberikan keikhlasan disetiap langkah.
Banyak sekali cerita manis, tegang bahkan tangisan bahagia.
Detik-detik menjelang persalinan tidak pernah kita lewatkan moment ini dengan alunan tilawah, asmaul husna bahkan nasyid-nasyid yang menggetarkan jiwa dan membangkitkan semangat ibu untuk berjuang melahirkan buah hati tercinta.
Saat puncak mules si ibu dianjurkan untuk menarik nafas panjang-panjang dan mengucapkan “BismillahiAllohuakabar”, perjuangan ibu baru dimulai, keringat terkuras, urat-urat tegang tapi ibu tetap semangat dan dengan dukungan suami yang terus setia mendampingi ibu. Dan Alhamdulillah akhirnya sibuah hati telah lahir kedunia tangisannya menggetarkan dunia, dan suara adzan sang ayah berkumandang hingga menggetarkan jiwa yang mendengarnya dan sujud syukur yang dilakukan membuktikan rasa syukur terdalam kepada sang Kholik yang dengan kekuasaannya persalinan berjalan normal. (bersambung)

Penulis : Siti Muslihat
Cabang : Bandung

No comments: