Tuesday, May 8, 2007

Dibalik RBG Bandung (Bag 3)

Sampai saat ini pelayanan di RBG hanya untuk persalinan normal, sehingga manakala ditemukan persalinan kasus, yang memang bidan tidak berhak untuk menangani, sehingga harus dirujuk ke Rumah Sakit maka ada perasaan berat manakala kita dipaksa oleh kondisi untuk menolak menangani persalinan di RBG
Biasanya mendengar kabar penolakan ini si ibu dan suami tampak kecewa, gelisah, sedih dan bingung memikirkan biaya yang harus mereka siapkan, karena mereka datang ke RBG dengan penuh harapan bahwa RBG merupakan solusi bagi mereka, tapi pada kenyataannya mereka harus dirujuk.
Kita mengupayakan fasilitas ASKIN untuk meringankan biaya mereka, tapi informasi yang didapat dari keluhan pasien yang kita rujuk, seringkali RS yang kita tuju dengan berbagai alasan menolak pasien ASKIN atau minimal sering pelayanan yang dilakukan kurang sempurna.
padahal pasien askin juga punya hak untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari mereka.
Dengan kondisi seperti ini tidak heran banyak masyarakat yang enggan ke RS, walaupun mereka tidak bayar. Inilah kenyataan yang terjadi.
Semoga kehadiran RBG bisa memberikan setitik harapan untuk membenahi masalah kesehatan ibu dan anak khususnya.
Dan saya sangat mendukung mengenai perencanaan ke depan RBG untuk menjadi RS semoga segera terealisasikan, agar kita menjadi percontohan RS yang bisa membantu umat sebanyak mungkin khususnya dhuafa dengan pelayanan yang terbaik, amin…

Penulis : Siti Muslihat
Cabang : Bandung

No comments: