Wednesday, May 2, 2007

Banjir di Bandung

Bandung, Kamp Parung Halang Kel. Andir RW 01 dan RW 02 serta RW 02 Kamp Uak Kec Bale Endah Kab Bandung yang terletak sekitar 50 km kearah selatan kota Bandung tergenang banjir selama dua hari terakhir yang mengakibatkan sekitar 500 rumah penduduk terendam air, pasalnya daerah tersebut sebelumnya dua hari berturut-turut diguyur hujan sehingga arus sungai citarum meluap dan meluber dan menggenangi perumahan warga sekitar bantaran sungai.Walau banjir yang datang sudah bisa diperkirakan karena memang sudah menjadi rutinitas tahunan, Yati (35) enggan meninggalkan kampung halamannya.


Di Kab Bandung, luapan sungai Citarum hampir menenggelamkan tiga desa yang memang berada bebrapa meter saja jaraknya dari tanggul sungai tersebut.


Selasa (1/5) Rumah Zakat Indonesia melalui Relawannya mengunjungi beberapa tempat yang masih menyisakan bekas banjir untuk mengadakan aksi sosial. Dengan membawa 150 Kaleng Superqurban (kornet hasil qurban-red), 150 Kaleng Siaga Gizi Nusantara (makanan siap santap), pakaian layak pakai, 58 bungkus deterjen, 10 dus pembersih lantai.


Bantuan yang merupakan amanah dari donatur Rumah Zakat diberikan Didin Jaenudin, Youth Care Officer Cab Bandung kepada Atang (42) salah satu tokoh setempat dan kemudian akan didistribusikan ke setiap warga yang merupakan korban banjir.


Selain memberikan bantuan bahan makanan Rumah Zakat juga mendatangkan satu unit mobil ambulans untuk menggelar serangkaian balai pengobatan gratis kepada warga sekitar RW 01 Parung Halang Kel. Andir yang lebih banyak terserang ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) dan gatal-gatal pada sebagian badannya. Untuk melayani pasien yang berjumlah 300 orang Rumah Zakat sengaja menerjunkan tiga orang dokter yang dibantu oleh enam orang Relawan dan beberapa apoteker.


Walaupun banjir sebelumnya mencapai ketinggian dua ratus centimeter yang menggenangi area perumahan warga sudah surut, warga masih disibukkan dengan membersihkan sisa lumpur yang dibawa oleh arus luapan sungai Citarum dan membersihkan peralatan rumah tangga serta mejemur tempat tidur.

Penulis : Alamsyah Nuruzzaman
Cabang : Bandung

..: Print :..

No comments: