Sunday, April 22, 2007

Baksos Siaga Sehat Rumah Zakat Indonesia Cab. Pekanbaru

Rumah Zakat Indonesia Cabang Pekanbaru kembali mengadakan aksi Siaga Sehat kali ini desa yang terpilih adalah desa Seroja Kelurahan Kulim Kecamatan Tenayan Raya, bekerjasama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau. Dalam aksi kali ini Rumah Zakat Idonesia menurunkan 7 relawan terbaiknya, ditambah 2 orang dokter, 1 perawat dan 1 apoteker. Satu kebanggan juga karena dalam acara ini hadir Senior Manager Regional III Rumah Zakat Indonesia Bapak Haris dan dan Branch Manager Rumah Zakat Indonesia Cabang Pekanbaru, juga hadir Bapak Lurah Kulim Bapak Faisal Herdi.

Sebagaimana biasa, rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, berupa tilawah Alquran dan beberapa kata sambutan. Kata sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Faisal Fajar selaku Branch Manager Rumah Zakat Indonesia Cabang Pekanbaru, dalam sambutannya Beliau berharap apa yang dilakukan Rumah Zakat hari ini akan membawa banyak manfaat dan berkah bagi warga sekitarnya, beliau juga mengenalkan produk kornet superqurban Rumah Zakat Indonesia yang hari itu juga akan diberikan secara gratis pada warga. Bapak Lurah sendiri dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih pada Rumah Zakat Indonesia yang telah berkenan memberikan pelayanan di desa yang ia pimpin, rasa terimakasih juga beliau sampaikan pada Mahasiswa yang telah mengkoordinir acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Dalam aksi kali ini berhasil terlayani 110 pasien, yang sebahagian besar adalah anak-anak dan ibu-ibu. Juga tersalurkan 100 paket pakaian baru sumbangan dari donatur dan 100 paket kornet kurban. Untuk kornet kurban masing-masing warga mendapatkan 2 kaleng dalam satu paket.

Ada 2 kasus yang menjadi perhatian khusus relawan dan tim medis ketika melakukan aksi kali ini. Kasus pertama adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah cukup lama menderita epilepsy yang ketika acara berlangsung sempat kambuh, dan beliau cukup lama juga tergeletak tidak sadarkan diri di lokasi acara. Kasus kedua adalah seorang lelaki, kepala rumah tangga, yang sudah 2 bulan ini menderita sakit . Karena sakitnya itulah beliau kemudian tidak dapat hadir di tempat acara pengobatan berlangsung. Tim dokter dan relawan kemudian berinisiatif menyambangi beliau di rumahnya .Dari hasil diagnosa yang dilakukan tim dokter, didapat kesimpulan beliau menderita hepatitis dan malaria, walau belum dalam kondisi yang cukup parah. Setelah memberikan obat dan beberapa saran tim dokter dan relawan meninggalkan rumah beliau dengan harapan obat yang diberikan bisa membawa berkah dan bisa membawa kesembuhan buat beliau.

Aksi Siaga Sehat ni berakhir pukul 15.00 wib, setelah makan siang dan beramah tamah sebentar bersama mahasiswa , tim Rumah Zakat Indonesia akhirnya meninggakan lokasi acara, dengan harapan apa yang dilakukan hari ini bisa benar-benar membawa manfaat bagi warga.


Penulis : Tatik Suspita
Cabang : Pekanbaru

2 comments:

awhie said...

great blog... i like it :)

berbagi genggaman said...

terimakasih sudah bersedia berkunjung ya :)