Tuesday, April 3, 2007

Longsor Ancam Merapi Tanah Datar

Ancaman longsor di bagian”pinggang” gunung Merapi di Kab. Tanah Datar Sumatera Barat akibat gempa (6/3) yang melanda bulan lalu membuat masyarakat di jorong sekitar gunung Merapi sedikit cemas, hal ini dibenarkan oleh Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadiqoe seusai meninjau korban longsor di Mudik Air, Nagari Tambangan akhir pekan lalu.

“Kita sudah meminta Tim SAR segera mengamati keadaan mengelupasnya Gunung Merapi itu dari dekat.Jika terjadi musim penghujan, kita minta pada walinagari maupun camat bersama musprika untuk terus memantau kawasan rawan longsor di wilayahnya. Apapun perkembangannya segera laporkan kepada Pemkab.”, tegas Shadiq.

Kepala Dinas Kimpraswil Kab. Tanah datar Erizal mengatakan kerusakan yang melanda jalan sepanjang kab. Tanah Datar yakni sepanjang 34.754 meter yang bernilai kerugian Rp. 29,853,951,571. Hal ini telah disampaikan kepada Gurbernur Sumbar dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.”Untuk itulah, kita berharap segera dibantu dananya oleh pemerintah. Karena ini vital untuk memulihkan ekonomi masyarakat, ujarnya lagi.
(padangekspres, 020407)

Penulis : Miralyn Afrini
Cabang : Padang

No comments: