Tuesday, March 20, 2007

Aksi kemanusiaan di Malang

MALANG. Tim kesehatan Rumah Zakat Indonesia cabang Malang melakukan kunjungan ke Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Kunjungan ini bertujuan untukmemberikan pelayanan sosial bagi warga setempat. Aksi yang dilaksanakan meliputi: aksi siaga sehat, siaga sandang dan aksi pendistribusian superqurban.


Acara yang berlangsung di balai RW I kelurahan Sukun itu mampu menarik atensi 111 warga, yang melampaui target yang dicanangkan panitia, yaitu sebanyak 100 orang. Kelebihan jumlah peserta itu, menurut Dede Abdul Rozak selaku penanggung jawab kegiatan disebabkan karena ada sebagian peserta yang memanfaatkan satu kupon untuk dua paket layanan. Kondisi ini biasanya terjadi pada sebuah keluarga yang membawa lebih dari satu orang pasien.

Aksi siaga sehat dibuka secara resmi oleh Branch Manager Rumah Zakat Indonesia cabang Malang, Asep Jaelani pada pukul 08.00 WIB yang diilanjutkan dengan acara inti Siaga Sehat. Warga yang telah memegang sebuah kupon undangan dipersilakan untuk melakukan registrasi. Setelah melakukan registrasi, calon pasien diperiksa tensi darahnya serta diagnosis awal. Tahap selanjutnya adalah pemeriksaan inti yang ditangani oleh dr. Eva dan dr. Lilik. Selanjutnya adalah pengambilan obat yang telah diverifikasi sesuai resep yang telah dituliskan. Pos ini ditangani oleh 4 orang relawan.

Setelah peserta selesai mengikuti layanan Siaga Sehat, mereka kemudian diarahkan untuk mendapatkan pelayanan aksi Siaga Sandang. Pada tahapan aksi kedua ini peserta difasilitasi paket pakaian layak pakai yang didistribusikan secara gratis. Uniknya dalam stan ini, Ibu RW setempat juga ikut menjaga stan, Alhasil suasana di stan ini begitu guyub.

Alur berikutnya, peserta diarahkan ke stan penyaluran kornet Superqurban yang banyak menuai raut ketakjuban para peserta. Sebagian diantara mereka menyiratkan apresiasi nggumun (jawa: heran). "Kok bisa ya daging kurban dikalengkan," ungkap sebagian dari mereka. Tepat pukul 12.00 WIB acara ditutup. Penyelenggaraan acara pelayanan sosial di desa Sukun meninggalkan kenangan berjuta pesona, pesona ukhuwah yang semoga tak lekang ditelan masa.***


Newsroom/Purwanto
Malang

No comments: