Tuesday, March 20, 2007

Youth Care Yogya Baksos Di Gunung Kidul

RZI Yogyakarta melalui Youth Care Department, Senin (19/3}, mengadakan bakti sosial dan pelayanan kesehatan untuk warga di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bertempat di Dusun Wuluh, bakti sosial yang dihadiri oleh ratusan warga berlangsung dengan semarak. Dibuka dengan sambutan dari pihak RZI dan pengajian oleh Ust. Syarpian (Relawan Yogyakarta), bakti sosial ini menyediakan pakaian layak pakai, sembako, dan juga penyaluran 150 kaleng kornet Super Qurban. Acara ini sendiri terselenggara berkat kerja sama Youth Care Department dengan BEM Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Dengan menempuh perjalanan selama dua jam, tim Relawan RZI Yogyakarta baru bisa sampai di tempat acara. Perjalanan ini sebenarnya cukup melelahkan karena jarak tempuh yang mencapai 75 kilometer dari kantor RZI Yogyakarta, dan juga kondisi jalan yang berliku dan naik-turun dengan tikungan tajam. Bahkan seorang relawan sempat muntah karenanya. Namun segala kesulitan segera sirna ketika melihat antusiasme masyarakat yang cukup besar. Ditambah lagi dengan kehadiran beberapa orang Relawan RZI Jakarta beserta Youth Care Officer-nya yang turut membantu tim dalam menyukseskan acara tersebut.

Ada peristiwa menarik sepanjang pelaksanaan pelayanan kesehatan. Dokter Famela yang merupakan Relawan Jakarta rupanya tidak bisa berbahasa Jawa, sehingga dari awal pemeriksaan kesehatan hingga akhir, Bu Dokter didampingi oleh seorang penterjemah. Meskipun demikian, semua pasien akhirnya dapat ter-cover dengan baik dan memuaskan, hingga meraih total pasien sebanyak 80 orang. Sebuah angka yang cukup besar untuk pelayanan di tempat yang sangat terisolir seperti di sana. Warga bahkan perlu melewati kebun-kebun sayuran untuk datang ke acara ini karena jauhnya tempat tinggal mereka dari tempat acara.

Ketua pelaksana acara dari BEM Farmasi UAD, Istiqomah, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada RZI Yogyakarta yang diwakili oleh Youth Care Officer, Fajarwaty K. Menurutnya, acara berjalan dengan baik dan meriah adalah hasil dari kerja sama yang baik antara kedua belah pihak. Istiqomah sangat mengapresiasi Relawan RZI Yogyakarta yang kali ini menjadi mitra dalam mengelola desa binaan BEM Farmasi UAD tersebut. Di akhir acara, seluruh relawan yang hadir dijamu dengan makan siang oleh warga dan foto bersama.(*)

Penulis : Waluyo
Cabang : Yogyakarta

1 comment:

Mashuri said...

RZI itu opo mba?*coba-coba ngomong jawa*

...Acara berjalan dengan baik dan meriah....

Selamat..selamat.
Semoga mendapat balasan setimpal dari Allah swt...