Thursday, March 29, 2007

Peduli Korban Kebakaran Rumah Liar

BATAM. Puluhan penduduk Kavling Baru Punggur Blok Kenanga RW 16 telah berkumpul saat Tim Rumah Zakat Indonesia cabang Batam tiba di rumah Bidan Siska pada Minggu (25/3). Kavling Baru Punggur adalah kawasan tempat tinggal dari mantan penduduk RULI (Rumah Liar) yang penghujung bulan Februari lalu dilalap si jago merah. Kawasan ini dipilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Baksos Siaga Sehat yang merupakan agenda bulanan Rumah Zakat Indonesia cabang Batam.


Banyak hal menarik yang didapati pada baksos kali ini. Berbagai pihak menunjukkan atensi yang luar biasa untuk mensukseskan kegiatan ini. Tiga orang dokter dan dua perawat ahli dari RS Awal Bros, serta 12 orang relawan Rumah Zakat Indonesia saling bersinergi dengan ibu dan pengurus RT setempat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga Punggur. Ibu RT terlihat begitu semangat turut membantu sebagai petugas pemanggil pasien, sementara pak RT sibuk mengontrol seluruh kebutuhan dalam kegiatan kali ini.

Hal yang paling menarik adalah, Bidan Siska, seorang Nasrani merelakan klinik dan rumahnya untuk dijadikan tempat baksos dan beliau pun turut pula dalam melakukan tindakan pengobatan. ”Agama bukan halangan untuk membantu orang yang berbuat baikkan?”, ujar beliau. Terima kasih bidan Siska ...

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 – 12.30 WIB ini berlangsung dengan tertib dengan total pasien tertangani sebanyak 103 pasien. Punggur adalah kawasan yang gersang, tetapi hari itu warga di sana dapat tersenyum manis karena ternyata masih ada orang – orang yang masih mempedulikan keadaan mereka.

Banyak sentuhan kepedulian lain yang dinantikan oleh warga Punggur. Misalnya saja seperti yang disampaikan oleh salah satu warga, anak – anak muslim yang berjumlah ratusan menunggu perhatian dan bantuan untuk mencari tempat mengaji. Sehingga sampai saat ini ratusan anak – anak ini terpaksa mengaji di rumah Ibu Siti yang tidak terlalu luas. ”Jika mengaji, semua ruangan penuh, bahkan sampai kamar pun digunakan juga,” ungkap beliau.

Diharapkan di masa mendatang Rumah Zakat Indonesia akan dapat memberikan program-program pemberdayaan untuk seluruh aspek dan potensi yang terdapat di daerah tersebut.***


Newsroom/Hariyanty Thahis
Batam

No comments: