Thursday, March 8, 2007

Perkembangan Volunteer di Posko Bencana Sumatera Barat

Kamis 8 Maret 2007, tepat jam 14.00 WIB tim relawan RZI Cabang Padang tiba di posko bencana gempa Singkarak. Kedatangan mereka langsung disambut oleh tim advance yang segera mengkoordinasikan secara teknis Siaga Bencana yang akan dilakukan. Posko yang pertama dibuka adalah posko Dapur Umum (DU) karena posko ini yang sangat diperlukan bagi pengungsi, posko kedua adalah posko terapi psikologi bagi anak-anak korban bencana. Sebuah kemudahan bagi tim Relawan dalam menjalankan amanah ini adalah background pendidikan dari mereka kebanyakan adalah ilmu kependidikan yang aplikasinya dekat dengan dunia psikologi.Tim Relawan juga membantu masyarakat dalam membersihkan sisa-sisa reruntuhan bangunan.

Berdasarkan perencanaan awal, tim relawan hari ini akan mobile ke posko-posko pengungsian lainnya agar penyaluran bantuan dapat terealisasikan dengan baik. Hanya saja tim relawan terkendala dengan transportasi untuk menempuh daerah-daerah yang masih dipenuhi puing-puing reruntuhan.

Harapan relawan semoga Ambulance Gratis Rumah Zakat Indonesia Cab.Padang bisa membantu penyaluran ini mengingat transportasi di daerah bencana masih lumpuh.

Penulis : Miralyn Afrini
Cabang : Padang

No comments: