Tuesday, March 20, 2007

Program Makanan Tambahan di daerah miskin

Aceh - Indonesia saat ini tidak luput dari masalah gizi buruk yang dialami oleh sebagian warga miskin yang sulit memperoleh makanan bergizi. Ibu hamil dan menyusui serta anak-anak yang sedang tumbuh berkembang menjadi sasaran utama dalam pemanfaatan makanan bergizi. Khususnya ibu-ibu yang sedang hamil maupun menyusui, karena saat - saat ini merupakan saat - saat yang rawan bagi si bayi. Pada saat itulah makanan yang bergizi sangat diperlukan agar si bayi dapat tumbuh sehat.

Rumah zakat indonesia pun turut berpartisipasi dalam menggalakkan program pemerintah menuju indonesia sehat 2010 melalui program Health Care. Pada sabtu (17/03) kemarin, rumah zakat indonesia cabang aceh menggelar PMTAS ( Program Makanan Tambahan untuk Siswa ) yang bertempat di Desa Lambada Kec. Ingin Jaya - Aceh Besar. Kegiatan pertama berlangsung di SD Lamjampok. Sejumlah 108 anak dari kelas 1-6 SD Lamjampok disuguhi bubur kacang hijau, buah dan roti di sela-sela kegiatan belajar.

Berdekatan dengan SD Lamjampok, tim relawan yang dikomandani oleh Riyadi ini selanjutnya menuju Posyandu "Bungong Jeumpa" masih di Desa yang sama, Desa Lamjampok. Menurut Zulkifli-salah seorang relawan- " Setelah kita survey, daerah ini memang termasuk salah satu daerah yang mayoritas penduduknya mengalami gizi buruk ". Program Makanan Tambahan ini diikuti oleh 11 orang ibu menyusui, ibu hamil sejumlah 5 orang, balita s/d 5 thn sejumlah 12 anak, bayi 0-11 bln sejumlah 8 anak dan balita 0-3 thn sejumlah 15 anak. Adapun makanan tambahan yang diberikan berupa susu bubuk lactamil u/ ibu hamil, susu bubuk lactamil u/ ibu menyusui, susu coklat u/ balita dan susu bubuk Dancow 123 u/ balita 0-3 tahun.

Program makanan tambahan ini merupakan donasi dari Bpk. Adi Siswono. Menurut Riyadi -selaku Health Care Officer-, " Selama 1 tahun ke depan setiap bulannya Rumah Zakat Indonesia cab Aceh akan mengadakan program makanan tambahan ini di tempat yang sama" . semoga amal ibadah Bp. Adi Siswono diterima dan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Amin. /far

Penulis : Teuku Farhan Alian
Cabang : Aceh

No comments: