Friday, March 16, 2007

Aksi Siaga Bencana tahap II (Mandailing)


PADANG. Aksi Siaga Bencana tahap II untuk penanganan korban gempa Sumatera Barat dilaksanakan pada Selasa (13/3) dan Rabu (14/3), masih dimotori oleh relawan Rumah Zakat Indonesia. Kegiatan Pengobatan Gratis dilakukan mulai pukul 11:12 sampai 16:05 WIB pada hari Rabu (14/3) di Jorong Kandang Malabung, Nagari Lawung Mandailing, kecamatan Salimpaung.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Unit Kesehatan Relawan dengan Puskesmas setempat, bahkan dokter berkebangsaan Perancis pun diturunkan untuk membantu aksi kesehatan gratis ini. Dokter didampingi oleh perawat Sri dan Apoteker Delvi yang tak lain adalah relawan ahli Rumah Zakat Indonesia cabang Padang. Dokter yang membawa empat temannya yang lain untuk berkunjung ke posko Siaga Bencana adalah tim dari Aceh, yakni NGO Medicine Du Monde.

Menurut informasi relawan di Jorong Kandang Mandailing sebanyak 136 rumah rusak berat namun tak ada korban jiwa akibat gempa. Menurut Perawat Pengobatan Gratis –Sri-- mengatakan, pasien yang datang berkonsultasi dan berobat ke posko ini kurang lebih sebanyak 100 orang pasien. Kebanyakan keluhan pasien adalah tekanan darah yang cenderung tinggi atau naik yang menurut diagnosa dokter mereka masih stress sehingga menimbulkan kecemasan dan ketakutan. Penyakit lainnya adalah demam dan flu, kondisi ini kebanyakan diperngaruhi oleh masyarakat yang tinggal di tenda-tenda pengungsian dan suhu daerah Salimpaung pada malam hari memang cukup dingin. Sedangkan menurut cerita para orang tua di Jorong Kandang, anak-anak mereka masih takut untuk kembali kerumah karena trauma akibat gempa 6 Maret 2007 lalu.***


Newsroom/Miralyn Afrini
Padang

No comments: