Monday, March 5, 2007

Pengungsian korban Gempa Madina...


MEDAN. Relawan Rumah Zakat Indonesia cabang Medan kembali mengirimkan bantuan logistik serta mengadakan layanan pemeriksaan kesehatan untuk para korban gempa bumi di Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara. Meskipun gempa terjadi sejak beberapa bulan yang lalu, namun hingga penghujung Februari ini masih terdapat banyak masyarakat yang tinggal di tenda-tenda pengungsian. Empat orang relawan Medan serta satu orang dokter sebagai tim medis datang membawa bantuan untuk Madina dengan memberangkatkan tim pada Selasa (27/2) lalu.

Perjalanan yang harus ditempuh kali ini membutuhkan waktu selama hampir 12 jam, perjalanan panjang yang meskipun melelahkan namun mengobarkan semangat untuk senantiasa membahagiakan ummat. Bantuan yang didistribusikan pada Rabu (28/2) kepada para pengungsi adalah berupa 270 pasta gigi, 720 buah sabun, 396 sikat gigi, 60 kotak susu bayi, 60 kota susu kental manis, serta 192 paket pembalut wanita. Sedangkan bantuan berupa bahan pangan adalah dengan mendistribusikan 300 kg gula pasir, 240 kaleng makanan siap santap Siaga Gizi Nusantara, serta 162 kaleng kornet Superqurban.

Aksi yang dilakukan mulai pukul 11.00 WIB langsung di lokasi pengungsian, mendapatkan sambutan ceria dari warga di sana, tim yang datang pun difasilitasi tenda kosong untuk mempersiapkan peralatan bahkan untuk menginap. Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan distribusi bantuan dilakukan hingga Rabu (1/3) dan Kamis (2/3), dengan masih menyisakan banyak calon pasien yang belum terlayani. Namun karena keterbatasan waktu dan 'amunisi' bantuan, maka tim pun harus kembali pulang ke Medan.

Semoga bantuan ini dapat memberikan kontribusi yang cukup memadai untuk sebagian pengungsi di Madina, sebagai wujud bahwa para korban bencana masih mendapatkan uluran kepedulian dari Rumah Zakat Indonesia sebagai hasil sinergi dengan para donatur dan para mitranya.***


Newsroom/Anwar Pranata
Medan

No comments: