Friday, March 2, 2007

Dedikasi untuk Ibu dan Anak

BANDUNG. Menyikapi antusiasme dan kesadaran masyarakat akan kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya maka Rumah Bersalin Gratis (RBG) Rumah Zakat Indonesia menggelar kembali acara pemeriksaan kehamilan untuk ibu-ibu hamil dengan rata-rata usia kehamilan 8 atau lebih. Prioritas utama kegiatan pada Jumat (2/3) ini adalah para pemegang asuransi ASKIN, sebagai salah satu upaya peningkatan aksesibilitas keluarga miskin terhadap layanan dan fasilitas kesehatan yang memadai, khususnya bagi para ibu hamil.


Rini Nur’aeni (32) yang warga Jl Cimahi Pojok mengaku sangat terbantu dengan adanya acara yang merupakan salah satu kegiatan rutin Rumah Bersalin Gratis (RBG) setiap bulan sekali. Sama halnya dengan Dadan (39) menuturkan dirinya dan istrinya Romlah (38) sangat tertolong dengan diadakannya kegiatan ini mengingat ia tengah terhimpit oleh keadaan ekonomi. Jangankan untuk memeriksakan kandungan istri, untuk makan sehari-haripun ia sangat bersyukur ketika dapat terpenuhi.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di RBG Jl. Turangga No.45 Bandung ini tidak hanya pemeriksaan kehamilan yang mencakup USG, namun dimanfaatkan pula beberapa ibu-ibu untuk bertukar informasi kehamilan kepada ibu-ibu yang lainnya. Sebut saja Nasyroh yang tercatat sebagai salah satu relawan Rumah Zakat Indonesia ini mengungkapkan ketika ibu-ibu melakukan kegiatan apapun akan ada dampaknya terhadap perkembangana janin, maka dianjurkan agar para ibu banyak mendengarkan hal-hal yang positif. Bahkan diharapkan sang ibu dapat tilawah (baca-red) Al-Quran sehingga Insya Allah akan ada pengaruh positif terhadap janin.

Dipandu oleh MC Nono 'relawan' dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian imunisasi kepada bayi yang orang tuanya adalah peserta program RBG ataupun balita yang diajak orang tua mereka yang mengetahui kegiatan ini dan sengaja datang untuk ikut mendapatkan pelayanan.***


Newsroom/Alamsyah
Bandung

No comments: