Sunday, February 4, 2007

Banjir Mulai Meluas Ke TANGERANG


TANGERANG. Hujan yang melanda Kota Tangerang dan sekitarnya dua hari terakhir ini mengakibatkan banjir di sedikitnya 6 titik di kota Tangerang. Pantauan Rumah Zakat Indonesia, air menggenangi beberapa perumahan rawan banjir di daerah Pinang, Ciledug, Cipondoh dan sekitarnya.

Relawan Rumah Zakat Indonesia segera ambil bagian dalam evakuasi korban banjir di beberapa lokasi bencana. Jum’at dini hari (2/2) tim relawan bekerja sama dengan Tim Tagana Brimob Polres Tangerang mengevakuasi korban banjir setinggi 2 meter di perumahan Pondok Bahar, kecamatan Karang Tengah Tangerang.

Tadi pagi, Sabtu (3/2) pukul 9.00 WIB sedikitnya 10 orang Relawan Rumah Zakat Indonesia turun ke lokasi Banjir di Perumahan Pinang Griya, Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Posko sementara didirikan di rumah salah satu warga yang tidak terkena banjir. Sebanyak 20 dus paket yang terdiri dari Kornet Superqurban dan Siaga Gizi Nasional dibagikan untuk korban banjir. Selain itu, bantuan yang sangat dibutuhkan oleh korban berupa pakaian layak pakai dan obat – obatan.

Banjir yang diakibatkan meluapnya Kali Angke ini telah berlangsung sejak dini hari kemarin. Diakui salah satu korban banjir di perumahan Pinang Griya, Syafri (30 th), banjir kali ini lebih parah dari tahun – tahun sebelumnya. ”Tadi malam saja, sampai 2,5 meter mas,” jelas Pak Syafri. Hingga tadi siang, masih banyak warga perumahan Pinang Griya yang belum dievakuasi. Sebagian besar berlindung di atap rumah masing – masing.

Titik banjir lainnya di kota Tangerang yakni Perumahan Ciledug Indah dengan ketinggian air mencapai 2 meter, Perumahan Puri Kartika Kecamatan Ciledug dengan ketinggian air 2,5 meter. Ketinggian air di desa Petir Kecamatan Cipondoh relatif rendah namun sempat mengakibatkan kepanikan warga sekitar. Pantauan Rumah Zakat Indonesia, ketinggian air di lokasi tersebut sekitar 1 meter, atau sepinggangan orang dewasa. Di Perumahan Periuk Damai Kecamatan Periuk yang lokasinya cukup jauh dari lokasi banjir lainnya ketinggian air mencapai 2 meter dan menggelamkan beberapa rumah.

Rencananya malam ini, kegiatan evakuasi dan bantuan korban banjir oleh relawan Rumah Zakat Indonesia akan difokuskan pada 1 titik, yakni di Perumahan Pondok Bahar yang akses transportasinya lumayan sulit. Sambil menunggu kelengkapan peralatan & perlengakapan evakuasi yang akan tiba nanti malam, relawan Rumah Zakat Indonesia Tangerang telah siap mendirikan posko Bantuan di salah satu masjid di perumahan tersebut.#

Newsroom/Saidurrohman
Tangerang

No comments: