Friday, February 9, 2007

Layanan Kesehatan dalam Truk Container


JAKARTA. Tim Siaga Bencana Rumah Zakat Indonesia melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk korban banjir di kawasan Cilincing pada Kamis (8/2) kemarin. Kali ini tim mengunjungi lokasi pengungsian di kawasan Cilincing Jakarta Utara yang hingga kini keadaan 355 Kepala Keluarga (KK) di sana keadaannya sangat mengkhawatirkan. Para korban mengungsi di dalam truk-truk container yang jumlahnya puluhan dimana masing-masing truk diisi oleh puluhan orang warga sehingga keadaan dalam container pengap dan penuh sesak.

Para pengungsi ini melakukan semua aktivitas harian mereka di dalam truk, sehingga tingkat sanitasi dan kondisi kesehatan mereka sangat buruk. Sebagian besar warga menderita diare atau penyakit kulit yang akut, sehingga 2 dokter dari tim Siaga Bencana harus melayani banyak pasien. Hingga menjelang malam sebanyak 105 pasien berhasil mendapatkan layanan kesehatan.

Para korban di Cilincing ini berharap Rumah Zakat Indonesia bersedia untuk datang lagi dan melakukan aksi yang serupa di waktu yang akan datang. Hal ini dikarenakan tempat mereka mengungsi ini relatif jarang disentuh uluran bantuan disebabkan lokasinya yang jauh dan sulit dijangkau.***

www.rumahzakat.org

No comments: