Friday, February 16, 2007

Jakarta In recovery


JAKARTA. Berdasarkan pengamatan relawan Rumah Zakat Indonesia cabang Jakarta pada Jumat (16/2), banjir yang melanda Jakarta meninggalkan jejak yang begitu nyata, hal ini terlihat dari tumpukan sampah sisa reruntuhan bangunan atau perabotan rumah tangga yang teronggok di hampir setiap sudut kota. Para pengungsi sudah relatif sedikit yang masih berdiam di jalan-jalan Ibu Kota, sebagian besar dari mereka kini mulai membersihkan rumah dari lumpur dan sampah.

Selain lingkungan tempat tinggal yang masih perlu banyak diperbaiki, kesehatan masyarakat pun mulai mengalami banyak gangguan. Menyikapi fenomena ini relawan Rumah Zakat Indonesia cabang Jakarta mulai melakukan aktivitas recovery untuk para korban bencana melalui program Siaga Sehat dan Siaga Gizi. Dalam kegiatan ini akan digelar pemeriksaan dan pengobatan gratis serta pembagian bahan kebutuhan pokok, yang sudah telah dilakukan di Kampung Pedongkelan Utara kec. Cengkareng Jakarta Barat pada Kamis (15/2). Aksi ini berhasil membantu seratus Kepala Keluarga (KK) yang tinggal tepat di pinggir sungai Cisadane yang menyebabkan rumah warga terendam hingga setinggi atap rumah.

Agenda ke depan, upaya pemulihan kondisi korban banjir ini akan dilakukan di kawasan Jembatan Carrefour Jakarta Selatan mengingat daerah padat penduduk ini masih diliputi lumpur hingga setinggi betis orang dewasa pada Sabtu (17/2). Pada Minggu (18/2) aksi serupa akan diadakan di kec. Makasar Jakarta Timur dimana keseluruhannya diupayakan dapat melayani ratusan warga yang mulai menata kembali hidupnya.***

No comments: