Monday, February 5, 2007

Siaga Gizi Nusantara

Siaga Gizi Nusantara


>> Latar Gagasan
  1. Indonesia terletak di atas tiga lempeng utama dunia, yaitu Lempeng Euroasia, Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Akibatnya negeri ini memiliki jalur tektonik sepanjang 7.000 km dan kaya akan gunung api (tercatat 400 gunung api dan 130 di antaranya aktif). Potensi terjadinya bencana sangat tinggi.
  2. Realita bencana yang terjadi menyisakan masalah kurang terbinanya pemenuhan gizi untuk para korban dan pengungsi. Suplai makanan sering tidak siap saji, merepotkan karena keterbatasan alat masak
  3. Belum banyak lembaga yang fokus dalam pembinaan gizi untuk korban bencana
  4. Setelah cukup banyak belajar dari 8 tahun pengalaman aksi rehabilitasi bencana, Rumah Zakat Indonesia memandang perlunya program inovasi sebagai reaksi cepat atas krisis pangan.
  5. Program tersebut haruslah unik, easy caring (mudah dibawa), dan mampu menjangkau seluruh Indonesia. Menjawab tantangan tersebut akhirnya diluncurkanlah program SIAGA GIZI NUSANTARA. Sebuah program pengemasan makanan siap saji dalam kemasan kaleng. Pengungsi tak perlu repot dengan alat masak dan bahan bakar yang terbatas. Sangat memudahkan karena bisa langsung dimakan.
>> Deskripsi Program

Program ini diwujudkan dalam bentuk pengadaan paket makanan dalam kemasan kaleng. Ada lima menu yang Rumah Zakat Indonesia siapkan, antara lain :

sosis ikan
tumis jamur
tumis tahu tempe
sayur lodeh
sayur asem

Menu makanan tersebut dikalengkan secara higienis dalam kemasan kaleng dengan berat bersih @200 gram.

>> Keunggulan Program
  1. Sangat inovatif. Tak perlu repot dengan keterbatasan alat masak. Korban bencana, pengungsi atau masyarakat rawan gizi tinggal buka paket karena telah siap saji.
  2. Rasa tetap asli meski mampu bertahan hingga 2 tahun.
  3. Aman. Produk yang sama telah diekspor untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia/Asia di Eropa.
  4. Siap dalam lima menu masakan; sosis ikan, tumis jamur, tumis tahu tempe, sayur lodeh, dan sayur asem.
  5. Lebih praktis dalam kemasan kaleng @ 200 gram, per paket berisi 12 kaleng.
  6. 42.000 kaleng telah terdistribusikan efektif untuk korban gempa Yogya. 6.720 kaleng tersalurkan bagi korban tsunami di Pangandaran dan Tasikmalaya.
>> Brand

”SIAGA GIZI NUSANTARA” Nama ini sengaja dipilih sebagai merk produk dengan pertimbangan belum banyak lembaga yang fokus dalam program rehabilitasi gizi saat bencana. Diharapkan dengan brand ini Rumah Zakat Indonesia mampu menjadi salah satu lembaga terdepan yang selalu siap siaga mencegah terjadinya krisis pangan di setiap pelosok nusantara.

Selain dialokasikan untuk membantu korban bencana atau pengungsi, SIAGA GIZI NUSANTARA juga disiagakan untuk mencegah terjadinya rawan gizi khususnya di daerah minus.

>> Harga
  1. Paket ini dibagikan gratis sebagai bantuan korban bencana maupun rawan gizi buruk. Jadi yang berlaku adalah sistem donasi dimana setiap mitra dapat membeli sejumlah paket melalui Rumah Zakat Indonesia untuk didistribusikan.
  2. Investasi donasi yang ditawarkan adalah sebesar Rp 100.000,-/paket. Setiap paket terdiri dari 12 kaleng.

  3. Setiap mitra dapat memilih menu-menu yang diinginkan. Harga ini sudah mencakup biaya distribusi dan pengadaan aksi siaga bencana.
>> Hubungi Kami
www.rumahzakat.org

No comments: