Monday, February 19, 2007

Siaga Bencana"Tornado" Jogja



YOGYAKARTA
Yogyakarta dilanda angin puting beliung pada Minggu (17/2), angin yang mirip dengan tornado terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Salah satu amil yang melihat kejadian saat melintas di kawasan Jl. Glagahsari awalnya menyangkan gumpalan putih yang berputar membumbung ke angkasa itu adalah sebuah kebakaran. Beberapa saat setelah itu datang informasi bahwa angin mencapai kecamatan Gondokusuman dan Danurejan.

Tim Siaga Bencana Rumah Zakat Indonesia cabang Jogja mendatangi lokasi pukul 19.00 untuk melakukan survei lapangan saat suasana gelap karena terjadi pemadaman listrik. Banyak sekali pohon, tiang, dan papan reklame berbagai ukuran yang roboh dan menimpa bangunan-bangunan di sekitarnya. Karena jalanan banyak terhalang pepohonan yang roboh maka keberangkatan tim siaga bencana sempat terhambat. Akhirnya 336 kaleng Siaga Gizi Nusantara dan 120 botol air minum didistribusikan langsung oleh relawan dengan berjalan menuju posko yang didirikan di Jl. Terarati kelurahan Baciro.

Hingga pukul 23.00 WIB Minggu malam banyak korban luka meskipun jumlah akumulasinya belum dapat terindentifikasi. Menyikapi hal ini Rumah Zakat Indonesia cabang Jogja akan memberangkatkan Tim Siaga Bencana yang terdiri dari 15 orang (dokter dan relawan) dengan membawa bantuan Siaga Gizi untuk korban bencana berupa 2400 kaleng kornet Superqurban.***

No comments: