Wednesday, February 7, 2007

Prioritas: pemulihan kesehatan di Pengungsian


JAKARTA. Jakarta masih terendam hingga Rabu (7/2), namun warga sedikit lebih tenang karena ketinggian air tak lagi meninggi. Meskipun demikian sebagian besar warga kini masih tinggal di posko-posko pengungsian dikarenakan kondisi rumah tinggal mereka yang rusak berat atau bahkan hancur tak bersisa. Ratusan bahkan hingga ribuan warga ini tinggal dengan kondisi lingkungan yang kurang mendukung bagi kondisi kesehatan mereka, sehingga keluhan sakit pun mulai banyak dirasakan oleh warga yang mengungsi.

Menyikapi kondisi kesehatan para pengungsi yang mulai menurun, maka di posko Siaga Bencana Rumah Zakat Indonesia mulai diintensifkan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan. Untuk kegiatan ini diturunkan 4 orang dokter yang merupakan tenaga medis relawan Rumah Zakat Indonesia dan 2 orang dokter dari tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Tim kesehatan akan berkeliling di kantong-kantong pengungsian yang diantaranya berlokasi di Kampung Melayu, Kebon Pala, Cipinang Muara, dan Bidara Cina yang tepat berada di bantaran kali Ciliwung. Beberapa lokasi ini menjadi tempat bernaung bagi ratusan pengungsi, dimana tim kesehatan mentargetkan untuk dapat memberikan layanan untuk 300 pasien setiap harinya.

Pasca bencana masyarakat akan membutuhkan energi yang begitu besar untuk mulai menata kembali kehidupannya, sehingga kesehatan menjadi salah satu aspek yang vital bagi warga yang hingga kini masih bertahan di pengungsian

No comments: