Sunday, February 4, 2007

SIAGA BANJIR IBU KOTA

SIAGA BANJIR IBU KOTA

JAKARTA. Seperti dilansir dalam harian Kompas pada Sabtu (3/2), 40% kawasan Jakarta kini terendam banjir dan semakin meluas dengan kelumpuhan aktivitas di kawasan tergenang. Jaringan telepon dan internet terganggu serta jaringan listrik di sejumlah kawasan pun diputus. Puluhan ribu warga Jakarta dan sekitarnya harus mengungsi di posko-posko terdekat dan sebagian lainnya terjebak di dalam rumah yang sekelilingnya digenangi banjir.

Kondisi ini membuat Rumah Zakat Indonesia cabang Jakarta langsung mendirikan posko banjir di kawasan Kampung Melayu sejak Rabu (31/1) dengan bentuk bantuan berupa dapur umum, balai pengobatan, pendirian tenda pengungsian, serta penyaluran kornet Superqurban dan makanan siap saji Siaga Gizi Nusantara. Sampai hari sabtu (3/2) Posko dapur umum telah mendistribusikan 600 bungkus makanan tiap harinya. Sedangkan bantuan tambahan diberangkatkan Jumat (2/2) malam pukul 23.45 dengan dikawal oleh tim relawan Rumah Zakat Indonesia cabang Bandung menggunakan 2 mobil operasional.

Tim membawa bantuan berupa makanan siap saji Siaga Gizi Nusantara sebanyak 672 kaleng, bantuan pakaian, mie instan, biskuit, air mineral, lilin, serta pakaian untuk bayi. Selain di Jakarta, tim Rumah Zakat Indonesia di Bekasi dan Tangerang pun telah mendirikan posko penanggulangan banjir. Posko Bekasi didirikan di Jl. Kali Baru Kampung Rawa kecamatan Bekasi Barat dan Tangerang di Pinang Kriya kecamatan Pinang. Posko ini meliputi pelayanan kesehatan serta fasilitas dapur umum, dan hingga sekarang telah mendistribusikan 320 kaleng kornet Superqurban.

Ibu Kota kini tengah dirundung duka karena cakupan banjir semakin meluas hingga hari ini. Rumah Zakat Indonesia akan senantiasa berupaya memberikan bantuan dan fasilitasi bagi para korban untuk memperbaiki kondisi kehidupan mereka kini. Hal ini dilakukan dengan monitoring langsung berdasar laporan dari tim di lapangan.***


Newsroom/ Yesi Mariska Indira

No comments: